Jumat, 02 Maret 2012

Interview

Nicodemus Kasan Kurniawan
MEMBANGUN DUA HOTEL DI CIKARANG

Pertumbuhan bisnis dan investasi di Cikarang terus melesat, seiring dengan pengembangan kawasan industri. Salah satu fasilitas yang sangat dibutuhkan bagi para pelaku bisnis adalah hotel. Dalam 3 tahun terakhir ini, pembangunan hotel terlihat di beberapa sudut kota Cikarang, salah satunya yang dikembangkan oleh Grup Grand Zuri Hotel. Berikut petikan wawancara antara Cikarang Pos dengan Nicodemus Kasan Kurniawan Presiden Direktur Zuri Hospitality Management.
Bagaimana perkembangan Grup Grand Zuri Hotel secara umum? 
Grup Grand Zuri Hotel atau Zuri Hospitality Management adalah suatu Chain Hotel yang sedang berkembang pesat dengan target menjadi jaringan hotel terluas di tingkat nasional. Sementara ini sudah beroperasi dan selalu menjadi tolak ukur pelayanan maupun fasilitas bagi pasar perhotelan di tiap daerah yang terdapat property  Zuri Hospitality Management diantaranya adalah :  The Premiere Pekan Baru, Grand Zuri Pekan Baru, Palembang, Dumai, Duri, Jababeka, Zuri Express Pekan Baru dan Zuri Express Palembang. Dalam 5 tahun ke depan, kami bertekad memperluas jaringan hotel ini ke seluruh Indonesia bermitra dengan beberapa pengusaha lainnya.

Di tahun 2012 apa rencana dari Grand Zuri dalam investasi di perhotelan?
Pada tahun 2012 segera dibuka Grand Zuri BSD Tangerang, Zuri Express Lippo Cikarang dan Mangga Dua, Grand Zuri Padang, Jogjakarta, Bali, Lahat, Muara Enim, dll.

Mengapa Grand Zuri terus mengembangkan hotel di Indonesia? 
Kami  berkeyakinan bahwa tingkat pertumbuhan bisnis dan ekonomi secara makro  lebih baik dari tahun sebelumnya. Hal ini tentu akan berdampak meningkatnya jumlah investor yang akan masuk, sehingga kebutuhan yang terkait dengan  akomodasi  secara tidak langsung akan terimbas positif. Di lain hal Zuri Hospitality Management  pun selalu mengutamakan tenaga-tenaga ahli di bidang perhotelan yang keseluruhannya berasal dari Indonesia, agar dapat menampung  tenaga - tenaga nasional yang tidak kalah hebatnya dari tenaga asing.
Wilayah mana saja yang sangat prospek dalam pengembangan hotel, kenapa ?
Saat ini hampir seluruh kota punya prospek bagus dengan kelebihan dan keunggulan masing-masing terutama sejak UU otonomi daerah semua daerah berpacu untuk maju. Yang menjadi masalah adalah semua investor bangun hotel sehingga tidak tertutup kemungkinan suatu saat akan over supply juga.

Untuk wilayah Cikarang, Grand Zuri kembali membangun hotel, apa alasannya dan lokasinya dimana?
Tahun 2012 ini, kami akan mengoperasikan Hotel Zuri Express di Lippo Cikarang dengan konsep Smart Hotel Plus yang sangat memanjakan tamu namun dengan harga yang sangat terjangkau dan kenyamanan, serta kebersihan layaknya hotel bintang 4 dan 5 dengan jumlah 125 kamar dengan pilihan jenis tipe kamar. Lokasinya di samping MC Donald, Citywalk - Lippo Cikarang. Pembangunan hotel ini sudah dikerjakan sejak awal Januari 2012, dan akan dilengkapi berbagai fasilitas kebutuhkan tamu. Hal ini kami wujudkan untuk dapat memberikan pilihan bagi tamu-tamu yang berasal dari manca negara maupun domestik,dan sebagian adalah tamu tamu LONG STAYING GUEST . Juga memberikan fasilitas akomodasi tambahan untuk para tamu yang pada hari kerja selalu tidak mendapatkan kamar di sekitar area Cikarang, dan memberikan pilihan kepada para tamu untuk tetap tinggal dan menikmati fasilitas hotel maupun fasilitas pendukung lainnya di sekitar kawasan perumahan Lippo Cikarang.

Pangsa pasar mana yang akan dibidik hotel baru nanti?  
Tentunya kami lebih mengutamakan tamu-tamu dari pasar Corporat/perusahaan  yang banyak berasal dari kawasan industri, sekitar Cikarang dan masyarakat umumnya.

Apa tidak bisa menimbulkan persaingan dengan Grand Zuri yang ada sebelumnya?
Tidak, hal ini tentunya sudah kami perhitung sejak awal dan antara Grand Zuri Jababeka dan Zuri Express (Plus) memiliki konsep yang berbeda satu sama lainnya.

Konsep Grand Zuri hotel yang baru ini seperti apa?
Zuri Express mengambil konsep smart hotel yang menyediakan kenyamanan 3B yaitu Bed, Bath dan Breakfast yang merupakan kebutuhan primer dari setiap tamu yang datang menginap di sebuah hotel. Dilengkapi dengan 125 kamar, beberapa pilihan type kamar - Superior- Deluxe- Junior Suite.  Tiap kamar memiliki fasilitas LCD TV, AC split, shower, kunci magnetik, dan fasilitas lainnya. Tersedia juga meeting room dan business centre , minimarket 24 jam, free wifi dan lain sebagainya. Tahun ini sudah bisa beroperasi.

Bagaimana perkembangan perhotelan di Cikarang? 
Positif, akan ada beberapa hotel lokal maupun international chains yang akan tumbuh di tahun-tahun mendatang.
Bagaimana iklim investasi di Cikarang?
Iklim investasi saat ini sangat bagus, hanya sedikit mengagetkan investor terutama investor asing adalah masalah buruh yang timbul akhir-akhir ini, namun dengan penyelesaian win-win solution kami yakin situasi akan membaik karena kalau tidak akan merugikan semua pihak.  (kr/im)

0 komentar:

Posting Komentar