Sabtu, 01 Oktober 2011

Berburu Ikan Besar Ala Mancing Mania

Berburu Ikan Besar Ala Mancing Mania
Apapun yang dikerjakan meski itu berawal dari hobi, bila ditekuni dengan baik dan benar tentu akan menuai hasil yang besar. Setidaknya, begitulah kiat bisnis yang dilakoni jika ingin menjadi calon pengusaha sukses. Misalnya saja jika ingin menjadi pengusaha sukses bisnis pemancingan kolam ikan dengan panorama pedesaan nan elok.
Bisnis pemancingan kolam ikan sekarang telah menjadi tren, bukan saja untuk para penghobi memancing, tetapi kini telah merambah untuk semua orang. Kenapa seperti itu? Iya karena memancing di kolam, siapa saja bisa melakukannya.  Dengan memancing di kolam pancing, setiap orang akan dapat dengan mudah memancing ikan tanpa trik dan keahlian khusus, karena biasanya para pemilik kolam akan menyediakan ikannya dalam keadaan lapar sehingga mudah untuk dipancing. Jadi semua orang bisa memancing dengan tidak harus bersusah payah dan kepanasan untuk mendapatkan ikan, sehingga memancing telah menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan maupun pinggiran.
Gaya hidup seperti ini adalah peluang dan bisa dikembangkan menjadi bisnis yang menggiurkan yang dapat menghasilkan keuntungan yang cukup lumayan. Lihat saja apa yang sudah dilakukan oleh Busran Kadri yang memulai bisnis pemancingan dan rumah makan diawali dari bekal ilmu yang sudah didapat  dari kariernya sebagai TNI Angkatan Laut. Purnawirawan laksamana muda dengan bintang dua ini mencoba peruntungan dengan membuka kolam pemacingan yang cukup megah di Kampung Cijambe Desa Sukadami Kecamatan Cikarang Selatan. Kolam Pemancingan yang diberi nama Anugerah ini didisain dengan nuansa alam pedesaan sebagai sarana rekreasi memancing yang berbeda dari tempat biasanya. Pasalnya tempat yang dibangun di atas lahan seluas satu hektar ini menyerupai panorama kampung halaman di mana ia tinggal yaitu pulau Kalimantan.
Keistimewaan dari tempat ini selain menyediakan menu makanan khas Jawa Barat, ada beberapa jenis kolam pemancingan yang didiain khusus menyerupai aktifitas mancing mania, yaitu kolam cast release (tangkap dan lepas), dimana kolam berukuran 4000 m ini ditanami jenis ikan yang luar biasa cukup besar mulai dari ukuran 8 Kg sampai 16 Kg. Ikan seperti patin, bawal dan jenis ikan jelawat yang jarang dijumpai di kota Cikarang, para hobies mancing dapat merasakan tarikan ikan-ikan tersebut ala mancing mania salah acara yang ditayangkan TV Swasta. Sungguh menjadi kepuasan tersendiri bagi para pemburu ikan-ikan besar, karena ikan yang ditangkap tidak untuk dibawa pulang, tetapi dilepas kembali ke habitatnya.  Selain itu tersedia kolam kiloan dan harian serta beberapa jenis bibit tanaman mulai dari kelengkeng, rambutan hingga cempedak yang menggugah rasa.
Menurut Busran Kadri, perkembanagan bisnis kolam pemancingan yang ditekuninya masih banyak evaluasi. Ia mengakui bahwa untuk memulai sebuah bisnis kolam pemancingan yang harus disiapkan adalah tempat usaha yang cukup luas serta pengetahuan yang mendasar terkait aktifitas memancing. Selain itu lokasi mudah dijangkau dan berada di tempat strategis untuk memudahkan konsumen melihat dan mendatangi tempat pemancingan tersebut.
Tarif pembayaran di kolam pemancingan Anugerah cukup fleksibel tergantung berat ikan yang diperoleh saat memancing.  Atau bisa juga tarif dihitung dengan tarif kolam harian, yaitu dengan menerapkan tarif hasil ikan yang diperoleh, per kilogram Rp 23.000. Dan jika menerapkan tarif kolam harian, pemancing hanya bayar tiket berkisar Rp 26.000 berapa pun banyaknya ikan yang dibawa. Untuk kolam case release diterapkan sistem pembayaran Rp 40.000 per 2 jam, sungguh ini adalah harga yang  fantastis bagi mancing mania. (ac)

0 komentar:

Posting Komentar