Sabtu, 01 Oktober 2011

Dari Hobies Menjadi Bisnis

Dari Hobies Menjadi Bisnis
Di tengah kesibukan bisnisnya di dunia hiburan, Joko Suseno menyempatkan waktunya untuk diwawancarai berkaitan dengan usaha peternakan burung, jenis Love Bird. Jenis burung ini sedang naik daun, harganya pun cukup fantastis. Setelah keberhasilan ternak burung Joko Suseno pun mulai mengembangbiakan Kucing Persia.
Usaha peternakan burungnya dimulai pada tahun 2008, dengan memiliki 5 pasang burung jenis lovebird. Dari jumlah burung yang sedikit ini harapannya bisa menghasilkan anakan atau anak burung yang banyak, sehingga bisa menghasilkan rupiah yang banyak pula. Tetapi nasib berkata lain, Glodok atau tempat bertelur tidak memadai dan jumlah betinanya lebih banyak dari pejantan, sehingga burungnya dijual semua. Sungguh, usaha yang tidak diawali dengan keberuntungan.
Tetapi tidak berhenti di situ saja, Joko Suseno masih penasaran dengan usahanya ini. Apa yang pernah ia alami tentang kegagalan beternak Love Bird menjadi motivasi untuk bisa berhasil. “Saya harus pergi untuk mencari tahu dan mengerti bagaimana caranya beternak Love Bird, sehingga saya putuskan untuk pergi ke Kota Solo dan di sana saya belajar selama 10 hari dengan peternak Love Bird,” kata Joko.
Setelah mengerti dan memahami cara-cara beternak, tidak tanggung-tanggung ia membeli 38 pasang Love Bird untuk diternakan. Dengan keyakinan dan percaya diri Joko pun harus merelakan 1 unit mobil Taruna untuk dijual demi 38 pasang burung kecil berjenis Love Bird. Sepintas memang jenis burung ini tidak tampak seperti burung mahal tetapi harga burung ini bisa mencapai jutaan rupiah. Sisi ekonomi inilah yang merangsang Joko Suseno untuk mengembangbiakan Love Bird di Cikarang.
Peluang usaha ini memang sangat potensial, dalam satu bulan saja bisa berkembang biak dan bisa menetaskan 25-30 ekor. Jika harga per ekor anakan Love Bird jenis Lutino1-2 juta rupiah berarti harga 30 ekor bisa mencapai 36 juta rupiah. Di peternakan ini juga Love Bird yang masih anakan bisa dipersiapkan untuk lomba. Harga usia 4 bulan yang dipersiapkan untuk lomba berkisar  Rp. 2-3 juta. Love Bird yang diternak Joko Suseno juga banyak diincar oleh peternak atau penjual dari Sumatra dan Bangka Belitung.
Selain peternak burung Joko Suseno yang tergabung dalam Colibri Tim pecinta burung Cikarang juga telah berhasil meraih atau menyabet thropy kontes burung berkicau di sejumlah daerah di Indonesia. Dan untuk wilayah Jabotabek Cucak Hijau meraih posisi 10 besar dan juga telah mendapatkan juara 1 Gubernur Cup di Bandung.
Kepuasan manusia memang tidak ada batasnya. Setelah keberhasilan ternak burung kini Joko Suseno pun mulai mengembang biakan Kucing Persia. Dengan 6 ekor kucing Persia Jenis Exotic dan Long Her Joko Suseno akan mencoba mengulangi kesuksesannya seperti beternak burung. (im)

0 komentar:

Posting Komentar