Sabtu, 01 Oktober 2011

Inovasi Kunci Memajukan Ekonomi

Inovasi Kunci Memajukan Ekonomi
Menghadapi tantangan persaingan ekonomi global terutama dalam sektor industri dibutuhkan peran kalangan akademis dalam melakukan inovasi produk, jasa dan layanan. Mahasiswa yang menjadi bagian dari dunia kampus, memiliki kesempatan paling besar sebagai agen-agen inovasi. Dalam sebuah seminar tentang inovasi, S.D. Darmono, CEO Jababeka sharing pengalaman dan ide-ide dengan para mahasiswa President University.
S.D. Darmono yang juga pendiri President University menekankan pentingnya inovasi di sektor industri. Ilmu yang dipelajari di dalam kelas dan nilai akademis yang baik tidaklah cukup untuk mendukung pengalaman belajar, apalagi untuk memastikan keberhasilan dalam hidup. Mahasiswa juga harus belajar keterampilan atau praktek kerja melalui magang di perusahaan-perusahaan. Banyak perusahaan di Kawasan Industri Jababeka yang terbuka menerima mahasiswa dari President University yang ingin mendapatkan pengalaman kerja dan uang saku. Apalagi saat ini persaingan merebutkan lapangan kerja tidak terbatas pada lulusan lokal, tetapi juga mahasiswa asing dari universitas terkemuka di dunia, untuk itu pengalaman kerja sangatlah penting.
“Melakukan inovasi akan lebih mudah dan murah, dibandingkan menciptakan sesuatu yang baru. Kita tinggal meng-copy produk yang ada selanjutnya diberi sentuhan improvisasi, “ ujar S.D. Darmono. Menjawab pertanyaan seorang mahasiswa tentang Indonesia untuk menjadi kekuatan yang baru harus merevolusi sektor ekonomi. S.D. Darmono menyatakan bahwa inovasi adalah sebuah revolusi! Dengan melakukan beberapa inovasi di sektor ekonomi dalam hal produk, layanan, prosedur dan proses, kebijakan, dan teknologi, maka kita telah membantu merevolusi Indonesia secara keseluruhan. (kr/adv)

0 komentar:

Posting Komentar