Sabtu, 01 Oktober 2011

Komunitas Blogger Lepas Burung Merpati di Jababeka Botanical Garden

Komunitas Blogger Lepas Burung Merpati di Jababeka Botanical Garden
Komunitas Blogger Indonesia beberapa waktu yang lalu mengunjungi Kota Jababeka. Kunjugan ini merupakan kali kedua setelah tahun lalu melakukan penanaman pohon di Jababeka Botanical Garden. Amril Taufik Gobel, Penasehat Blogger Bekasi mengungkapkan, kunjungan yang kami lakukan di Jababeka merupakan bagian dari acara Amprok Blogger yang kita lakukan selama 2 hari. “Apa yang kita lakukan hari ini di Kota Jababeka adalah untuk melihat perkembangan pohon yang kita tanam pada tahun lalu, sekaligus ingin melihat komitmen Kota Jababeka terhadap lingkungan ekologi,” tegas Amril.
Dalam kesempatan yang sama Eka Budianta, direktur Jababeka Botanic Gardens menyampaikan beberapa poin mengenai kegiatan Blogger ini. Pertama, kalau mendengar kata industri, yang terbayang adalah mesin, pabrik, polusi, pemogokan buruh, hidup sumpek dan berat. Padahal pengertian mendasar dari industris adalah rajin, terampil, hidup yang produktif. Jadi para blogger perlu meluruskan pengertian yang benar dari industri sebagai cara hidup yang rajin, tekun dan produktif. 
Kedua, industri hijau punya dua macam pengertian. Pertama, hortikultura atau perniagaan tanaman, perkebunan, budidaya pohon dan rumput untuk taman. Kedua: industri yang hemat energi, efisien mengolah bahan baku, tidak mencemari alam. Kedua pengertian ini dilaksanakan di Jababeka.  Hal itu dapat dilihat pada pengembangan nurseri, lapangan golf, botanic gardens, tanaman hias dan sawah-sawah yang dilestarikan.
Ketiga, para bloggers diharapkan menjadi hati nurani dari masyarakat industri.  Hati nurani berfungsi menjaga kesadaran untuk selalu di jalan yang benar, meningkatkan mutu kehidupan dari waktu ke waktu. Setiap industriawan bekerja keras, berpikir keras, dan memiliki semangat mengabdi.
Keempat, dalam industri hijau kita mengutamakan ekologi di atas ekonomi, karena sadar bahwa hidup memerlukan lingkungan yang sehat.  Para bloggers dapat membantu masyarakat untuk selalu meningkatkan kecintaan pada lingkungan.
Kelima, cinta pada sesuatu berarti: memahami, mengelola, dan mempromosikan dengan benar.  Kalau kita cinta pohon artinya kita mengenal dan paham betul nama pohon itu, apa manfaatnya, dari mana berasal. 
Keenam, sebagai kelanjutan menanam pohon, memperbaiki habitat, tentu adalah melengkapinya.  Karena itu pada kunjungan kedua para bloggers di Jababeka ini, kita tidak menanam pohon tapi melepaskan burung.  Kita mengisi lingkungan yang sudah mulai bagus dengan fauna.  Burung dilepas pada bulan Agustus sampai Oktober.  Ikan dilepas pada bulan Maret sampai Mei.  Dan agenda tanam yang paling ideal adalah November sampai Februari.  Hari menanam nasional adalah 1 Desember.
Ketujuh, kita berusaha meneruskan tradisi dan setia pada pelestarian bumi.  Untuk melakukan tugas ini kita perlu bimbingan Khalik Pencipta Alam semesta.  Kita lakukan yang terbaik sesuai dengan kekuatan, bakat dan kesempatan yang kita miliki. 
Selain mengunjungi Jababeka Botanical Garden para blogger ini diajak untuk City Tour  berkeliling melihat fasilitas yang dimiliki Kota Jababeka. Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, Komunitas Blogger melepas burung merpati dan tekukur untuk menambah spesies burung yang berada di Jababeka Botanical Garden. Tercatat saat ini jumlah spesies burung yang ada sebanyak 75 jenis burung yang terbang dan hinggap. (im)

0 komentar:

Posting Komentar