Sabtu, 04 Februari 2012

Info Kota

Festival Tahunan Seni Sunda Tradisional
Meski banyak kebudayaan asing yang telah memasuki wilayah Bekasi namun keberadaan seni Sunda yang telah lahir ratusan tahun di Bekasi eksistensinya masih terus terjaga. Pelestarian budaya seni Sunda ini dilakukan oleh Paguyuban Seni Sunda Tradisonal Hariring Jagasatru Sauyunan.
Paguyuban ini menyelenggarakan Festival Tahunan Seni Sunda Tradisional yang diadakan pada akhir bulan Januari lalu di Pelataran Parkir Pasar Modern Deltamas. Para pelaku seni ini menampilkan kebolehannya dalam setiap langkah dan tari. Beberapa anak juga terlibat dalam kegiatan seperti Pencak Silat dan Odong-odong. Pada malam harinya festival ini juga memberikan suguhan kepada masyarakat Kabupaten Bekasi berupa Wayang Golek.
Budiyanto, S.Ip selaku Anggota DPRD Kabupaten Bekasi dan Dewan Pembina Paguyuban Seni Sunda Tradisonal Hariring Jagasatru Sauyunan mengatakan, kegiatan festival ini kali pertama diadakan, dan akan menjadi kegiatan rutin tahunan. Untuk melestarikan kebudayaan ini bukan hanya tanggung jawab masyarakat saja. Kita akan dorong pemerintah Kabupaten Bekasi agar ada keberpihakan dalam kebijakan untuk memberikan fasilitas kepada para seniman Bekasi.
Acara yang dibuka oleh Bupati Bekasi Dr. Sad’dudin.MM. ini diikuti oleh 25 group peserta dari berbagai kesenian seperti Jaipong, Topeng, Gending Instrumen, Tataluan dan Ibing Rampak Jawara. Dalam kesempatan ini Dr. Sad’dudin juga memberikan penghargaan kepada para seniman Bekasi yang telah berkecimpung lama di dalam melestarikan kesenian Sunda di Kabupaten Bekasi. “Kami selaku pemerintah daerah mendukung kegiatan festival ini dan meminta kepada dinas terkait untuk tahun depan yang berkaitan dengan seni Kabupaten Bekasi harus diberikan alokasi dana demi kemajuan kesenian di Kabupaten Bekasi,” tegasnya. (im)

Perayaan Tahun Baru Imlek yang ke-2563: Membangun Kerukunan Antar Umat Beragama
PESTA kembang api dan penampilan Barongsai meramaikan suasana Perayaan Tahun Baru Imlek 2563  sebagai Tahun Naga Air di lokasi  Klenteng Tek Seng Bio, Kampung Kebon Kopi, Desa Karang Asih, Kecamatan Cikarang.
"Perayaan tahun baru ini kami gelar dengan suasana kebersamaan antara  umat Budha keturunan Thionghoa dengan para  tokoh masyarakat sekitar yang dihadiri pula dari unsur Kepolisian dan TNI," terang ketua Yayasan Cakra Utama Tek Seng Bio, Sudirman Kepada Cikarang Pos. Sudirman berharap semoga di Tahun Naga air ini akan mendapatkan segala kesuksesan di dalam segala bidang usaha khususnya untuk semua para umat Budha keturunan Thionghoa dan umumnya juga masyarakat Kabupaten Bekasi.
"Yayasan Cakra Utama Tek Seng Bio setiap Tahun secara rutin ikut serta dalam kegiatan kemasyarakatan dengan cara mengadakan bantuan kesehatan gratis untuk masyarakat hingga 1500 orang pasien pertahunnya dan dilaksanakan pada bulan Maret atau April," ucapnya. "Kami juga setiap bulan September atau Oktober setiap tahun rutin mengadakan bantuan sosial terhadap masyarakat yang disalurkan ke setiap Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) yang ada di sekitar wilayah kami," imbuhnya.
Sudirman melalui Forum Komunikasi Kerukunan Umat Beragama (FKKUB) mengaku berusaha  menjaga hubungan baik dan tali persaudaraan dengan pengurus lintas agama. Hal tersebut menjadikan momentum  untuk selalu menjaga kedamaian antar umat beragama yang menjadikan Kabupaten Bekasi selama in selalui aman dan kondusif.
"Dengan kondisi kerukunan umat beragama yang terjaga dengan baik, saling menghargai satu sama lain sebagai bentuk toleransi antar umat beragama, yang menjadikan kita semua dalam melakukan usaha di bidang apapun menjadi nyaman dan tenang," katanya. (im)

Yayasan Pendidikan Islam Daarul Mu’Min MENCIPTAKAN GENERASI BERDISIPLIN ISLAMI
Pendidikan sekolah Islam saat ini berkembang sangat pesat di Kabupaten Bekasi. Pendidikan Islam ini biasanya bisa memberikan pendidikan ahklak yang mulia dibandingkan sekolah lain. Bahkan sekolah Islam ini mampu memberikan pendidikan yang tidak kalah dengan sekolah umum lainnya, sehingga banyak diminati oleh para orang tua.
Salah satunya adalah ”Yayasan Pendidikan Islam Daarul Mu’min”. Yayasan ini berdiri sejak tahun 2006 dan telah menyelenggarakan sekolah tingkat TK dan SD, yang terletak di perumahan Mega Regency Serang Baru, Bekasi. “Keunggulan SD Islam Al Mu’min adalah memberikan metode pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum Diknas dan ditambah dengan muatan local yang berbasis Islami. Kami juga memberikan tambahan pelajaran muatan lokal diantaranya, Bahasa Arab Hadist, Aqidah Akhlak, Fikih, SKI, Tahfizh, Iqra’, dan juga ada tambahan mengaji pada sore.
Dengan berbagai fasilitas dan sarana yang lengkap sekolah ini mampu memberikan pendidikan yang maksimal, bahkan sudah memiliki lab computer yang lengkap yang diajarkan dari mulai kelas 1. Selain itu juga ada beasiswa kepada siswa yang berprestasi. Bangunan sekolah sangat permanen dan milik sendiri. Fasilitas lainya adalah kendaraan antar jemput, Mmhola, ruang musik dan kantin. Dan untuk mengembangkan kreatifitas siswa ada bermacam-macam ekstra kurikuler seperti marching band, marawis, qasidah, paskibra, karate, menari dan pianika.
“Pada tahun pelajaran 2012-2013 Yayasan Pendidikan Islam Al Mu’min telah membuka SMP Al Mu’min yang terletak di Kampung Rawa Sentul Cikarang Timur. SMP Islam Al Mu’min memberikan program “Pendidikan Disiplin Militer” yaitu ingin membentuk dan mendidik para siswanya tentang kedisiplinan seperti militer, karena dengan disiplin segala apa yang dicita-citakan akan berhasil,” jelas Ibu Titin
SMP Islam Al Mu’min memberikan pelajaran yang sangat nyaman, ruang kelas sangat ekslusif dan setiap kelas diisi dengan 15 siswa. Meski ekslusif, namun biaya sekolah masih bisa terjangkau dan para pengajarnya sangat profesional. Dan untuk tahun depan Yayasan Pendidikan Islam Daarul Mu’min berencana membuka SMP Islam Al Mu’min di Perumahan Mega Regency. (im)

Pekan Muharam TK Annur
Pelaksanaan kegiatan Pekan Muharam 1433 H, merupakan kegiatan yang berupaya untuk membangkitkan kembali peran Islam sebagai rahmatan lil ‘alamin yang dipenuhi rasa cinta dan damai. Berbagai bentuk kegiatan dilakukan untuk mencapai  tujuan menjalin silaturahmi. Seperti halnya yang dilakukan oleh Taman Kanak-kanak Annur Cikarang Baru.
Kegiatan berlangsung di halaman sekolah TK Annur, dengan berbagai macam lomba seperti lomba mewarnai, lomba tari dan lomba adzan yang diikuti 27 taman kanak-kanak se-Cikarang. Tidak ketinggalan juga panitia melibatkan para guru dengan menampilkan kreatifitas guru untuk menghias kardus menjadi pas bunga dan tempat tisu.
Pekan Muharam ini dibuka secara langsung oleh UPTD Pendidikan Cikarang Pusat, H Hasan Basri. Dalam kata sambutannya H, Basri menegaskan, bahwa acara pekan Muharam ini bisa menggali potensi anak dan kami memberikan apresiasi kepada Jamiah TK Annur yang telah menyelenggarakan kegiatan ini.
Sementara itu Nur Hidayah Ali, Kepala KB/TK Annur mengungkapkan, acara Pekan Muharam ini bertujuan untuk mensyiarkan agama Islam dan menjalin silaturahmi antar sekolah taman kanak-kanak yang berada di Cikarang. Untuk mendukung kegiatan ini panitia juga melibatkan beberapa sponsor seperti Mc Donal dan Paparons Pizza.  (im)

RSIA SRITINA MUTU PELAYANAN TERBAIK DAN BIAYA TERJANGKAU
Sehat adalah dambaan semua orang, namun demikian fasilitas kesehatan yang memadahi sangat dibutuhkan masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan, agar menumbuhkan  rasa aman bagi keluarga. Banyak rumah sakit dibangun, tetapi rumah sakit yang melayani dengan cinta kasih masih jauh dari harapan. Melayani dengan cinta kasih selain  dapat mendorong kesembuhan pasien  juga dapat meningkatkan kualitas kesehatan  keluarga.
RSIA SRITINA adalah salah satu Rumah Sakit Ibu dan Anak di Cikarang yang terus berkembang. Dengan  berbasis pelayanan hotel, penanganan dan pelayanan maksimal, bertanggung jawab secara medis dan moral, memberikan mutu yang terbaik dan biaya relatif terjangkau. Ditunjang juga dengan sarana dan prasarana yang memadai seperti: Pelayanan Rawat Jalan & Inap, Unit Gawat Darurat 24 jam, Ruang Bersalin dan penunjang medis lainnya, dipastikan akan menjadi salah satu tempat pelayanan kesehatan yang siap melayani masyarakat.
Tommy selaku Manajer Marketing menyampaikan,“RSIA SRITINA diharapkan menjadi milik masyarakat luas, melayani masyarakat umum maupun industri di wilayah Kabupaten Bekasi.  Untuk itu kami siap membuka pelayanan 24 jam yang didukung  apotek dan ambulan antar jemput secara gratis. Kami tumbuh dengan masyarakat, maka dalam memenuhi kebutuhannya selain meningkatkan pelayanan secara professional dan manajemen terbaik juga terus membangun dan menambah fasilitas,” demikian tutur Tommy.
Saat ini RSIA SRITINA membuka pelayanan dokter umum, dokter gigi, dokter spesialis bedah, dokter spesialis anak, dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis kebidanan dan dokter spesialis paru. Dilengkap penunjang medis seperti laboratorium, rontgen, USG, audiometri,CTG, radiologi, Px MCU, instalasi bedah sentral, instalasi farmasi, instalasi gizi dan lain-lain.
Info lebih lanjut hubungi RSIA SRITINA Jl.Imam Bonjol No.80 Desa  Suka Danau, Cikarang Barat  Telp, 021 - 8910 6317, 021-  890 0579. (adv/yd)

0 komentar:

Posting Komentar