Kamis, 12 April 2012

pendidikan

SMP ISLAM AL-AZHAR 16 CIKARANG
UNGGUL DALAM PRESTASI & BERAKHLAK MULIA

Seiring perkembangan perumahan dan industri di Cikarang  tentu saja dibutuhkan berbagai fasilitas publik, salah satunya fasilitas pendidikan. Institusi pendidikan yang cukup ternama di Indonesia yaitu Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar pada tahun 1995 mendirikan SD Islam Al-Azhar 12 Cikarang di Kota Jababeka. Selanjutnya pada tahun 2004 menyusul didirikannya SMP Islam Al-Azhar 16 Cikarang.
Drs. Arifin Nasution, MM, selaku Kepala Sekolah SMP Islam Al-Azhar 16 Cikarang menyampaikan, SMP Islam Al-Azhar 16 Cikarang  dibuka pada bulan Juni 2004 berlokasi di Jl. Ki Hajar Dewantara Kota Jababeka, yang pada saat itu masih satu kelas dan belum paralel . “Ketika itu para orang tua wali murid SD Islam Al-Azhar dan masyarakat sekitar meminta agar dibuka SMP Islam Al-Azhar  untuk menampung lulusan SD Al-Azhar yang akan melanjutkan ke SMP ,” ungkap Bapak Arifin kepada Cikarang Pos di ruang kerjanya.
Melihat dari tingginya kebutuhan masyarakat akan fasilitas pendidikan yang lebih representatif, maka pada tahun 2010 Sekolah Islam Al Azhar Cikarang menempati gedung sendiri di atas tanah dengan luas mencapai 20.515 meter persegi. Kampus Al Azhar Cikarang yang beralamat di Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo, Jababeka Education Park tersebut ini terbilang cukup megah, bangunannya  terdiri dari 4 lantai.
Kemegahan gedung ditunjang dengan semua ruangan kelas ber-AC dan dilengkapi fasilitas yang sangat memadai, seperti pusat sumber belajar (PSB), perpustakaan, ruang baca, ruang musik, ruang komputer, laboratorium sains, matematika center, art center, kantin, musholla, ruang aula dan beberapa ruangan penunjang lainnya. Juga dilengkapi fasilitas olah raga dan area parkir yang cukup luas. Ditambah lagi kondisi udara di kawasan Jababeka Education Park sangat bersih dan jauh dari kebisingan. Dengan dukungan sarana dan memadai serta lingkungan yang kondusif diharapkan proses kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung dengan nyaman dan mencapai hasil yang maksimal.
SMP Islam Al-Azhar  16 Cikarang yang memiliki jumlah murid 298 orang ini mempunyai misi : Mempersiapkan murid-murid SMP Islam Al-Azhar menjadi manusia yang terdidik dan mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, memberi bekal kepada murid-murid SMP Islam Al-Azhar agar mampu menjadi anggota masyarakat yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain, serta membekali murid-murid dengan imam dan iptek sehingga mampu menciptakan suasana yang Islami di lingkungannya.
Sejalan dengan misinya, SMP Islam Al-Azhar didukung PT. Jababeka akan membangun Masjid di lingkungan Sekolah Al-Azhar Cikarang, dan pada tanggal 12 April 2012 akan berlangsung acara peletakkan batu pertama pembangunan masjid tersebut.
Murid-murid SMP Islam Al-Azhar 16 Cikarang memiliki segudang prestasi. Mereka memenangkan berbagai perlombaan dan kejuaraan baik di lingkungan YPI Al-Azhar, maupun di tingkat Kabupaten Bekasi dan Jabodetabek. Prestasi yang belum lama ini diraih adalah peringkat pertama Olimpiade Biologi tingkat Al-Azhar Th. 2010/2011.
Untuk itulah pada tanggal 5 Mei 2012 SMP Islam Al-Azhar 16 Cikarang  ditunjuk oleh Dinas Pendidikan Kabupaten  Bekasi dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Seni Budaya sebagai tuan rumah kegiatan Lomba Festival Seni Siswa Nusantara (LFS2N) Tingkat Kabupaten Bekasi. Siswa-siswi SMP di Kabupaten Bekasi akan mengikuti perlombaan yang terdiri dari Vocal Group, Menyanyi Solo, Seni Tari, Story Telling, Cipta Cerpen, Cipta Puisi, Cipta Lagu, Melukis dan Membuat Motif Batik. (kr/adv)

0 komentar:

Posting Komentar