Kamis, 12 April 2012

Kesehatan

Medical Corner
by Tim Dokter Medical City

Mengatasi Batu Empedu Di Hati

Pertanyaan:
Salam hormat pak Dokter. Nama saya Dani, umur 30 tahun, sudah menikah dengan 2 orang anak. Saya didiagnosa mengalami Batu Empedu di hati. Pertanyaan saya, mengapa timbul Batu Empedu? Bagaimana mencegahnya dan mengatasi penyakit ini? Terimakasih.

Jawaban:
Pak Dani yang terhormat, saya ikut simpati atas penyakit saudara. Saya sarankan saudara pergi ke dokter langganan saudara untuk mendiskusikan lebih lanjut tentang keadaan  saudara, karena dokter langganan saudara adalah dokter yang paling tahu akan keadaan saudara.
Info tentang batu empedu telah tersebar di jagad maya dan kita tinggal memasukkan kata kunci “batu empedu” maka semua informasi tentang batu empedu dapat kita peroleh. Salah satu website yang lengkap adalah di medicastore.com.
Penyakit batu empedu terbentuk karena kristal di dalam saluran kantung empedu. Batu yang ditemukan di kantong empedu namanya kolelitiasis sedang batu yang terdapat di saluran empedu namanya koledokolitiasis.
Beberapa penyebab terbentuknya batu di kantung empedu atau saluran empedu adalah sebagai berikut: usia lanjut, kegemukan, diet yang mengandung lemak dan genetis. Karena unsur utama batu empedu adalah kolesterol, maka menghindari diet yang mengandung kolesterol tinggi adalah bentuk pencegahan utama dari terbentuknya batu empedu.
Batu kantung empedu kalau berposisi di kantong empedu biasanya tidak menimbulkan gejala. Yang menjadi masalah adalah kalau batu tersebut masuk ke dalam saluran empedu. Jika terjadi maka gejala yang umum terjadi adalah rasa nyeri yang timbul-hilang, Nyeri datang secara perlahan dan mencapai puncaknya dan kemudian hilang secara bertahap. Lokasi nyeri pada perut sebelah kanan atas dan menjalar ke bahu kanan. Seiring dengan terjadinya penyumbatan maka penderita akan demam, menggigil dan kekuningan (jaundice).
Batu empedu dapat didiagnosa dengan melakukan pemeriksaan USG dan kolesistografi. Jika tidak ada ditemukan gejala maka pengobatan belum perlu dilakukan. Nyeri yang hilang timbul dapat diatasi dengan diet rendah lemah.  Batu saluran empedu bisa menyebabkan penyakit yang serius dan harus ditangani dengan pembedahan.
Kirimkan pertanyaan Anda seputar dunia kesehatan ke email cikarangpos@yahoo.com disertai dengan nama & alamat Anda.

0 komentar:

Posting Komentar