Minggu, 01 Januari 2012

PROSPEK INDUSTRI OTOMOTIF TAHUN 2012

Dalam sebuah business forum yang berlangsung di President Executive Club Kota Jababeka, A.K. Hadi Direktur PT. Astra Otoparts Tbk. menyampaikan, proyeksi pertumbuhan pasar otomotif di Indonesia sangat besar sekitar 14,6 % menjadi terbesar di Asean menggeser Thailand yang hanya 9,3%, jika mampu menjaga momentum pertumbuhan makro ekonomi dan regulasi termasuk perpajakan.
Untuk prediksi produksi dan penjualan kendaraan roda 4 akan meningkat 10% setiap tahun, sedangkan untuk kendaraan roda 2 akan meningkat 15% setiap tahun. Menurut A.K. Hadi pada tahun 2011 produksi kendaraan roda 4 sebesar 820.000 unit, untuk penjualan domestik sebesar 830.000 unit dan ekspor 100.000 unit. Sedangkan untuk kendaraan roda 2 produksi sebanyak 7,5 juta unit, dengan penjualan domestik 7,48 juta unit dan ekspor 65.000 unit. Potensi pasar dalam negeri sangat besar, ada sekitar 30 juta penduduk dengan ekonomi kelas menengah.
Meski pangsa pasar sangat besar, namun industri otomotif dalam negeri menghadapi banyak kendala, antara lain: row material yang belum digarap, minimnya infrastruktur pendukung industri dan pengembangan R&D yang belum berjalan. Pengembangan R&D ini mencakup technical center yang baru dibuat, EDC (engineering development center) dalam tahap perencanaan, belum termasuk tenaga ahli dan biaya investasi yang sangat besar. Padahal kedepan industri otomotif akan mengikuti future mobility trend yang memperhatikan safety mobility, green product dan life style.
Di tahun 2012 ini meski prospek industri otomotif masih bagus, namun perlu diwaspadai kondisi ekonomi Eropa yang bisa saja terus memburuk. Akibatnya akan banyak bank yang selektif menyalurkan kreditnya, tentu saja Indonesia akan terkena dampaknya, karena daya beli bisa menurun. Namun demikian masih ada peluang lain di bisnis otomotif, yakni bisnis after market seperti service atau jasa perawatan dan perbaikan akan tetap bagus ke depan.

BISNIS OTOMOTIF 2012
PERANG TIPE BARU
Prospek Bisnis Otomotif tahun 2012 dipastikan akan terus naik ke angka yang lebih signifikan, dengan asumsi permintaan pasar cenderung naik ini bisa dilihat dari kalender penjualan di akhir tahun 2011. Dalam memasuki pasar 2012 masing – masing produk baik jenis mobil maupun sepeda motor akan bersaing secara ketat dan dimungkinkan untuk menembus pasar akan terjadi perang tipe baru.
Diakui oleh beberapa  Dealer Showroom Resmi di Cikarang  bahwa permintaan pasar khususnya tipe baru dan pilihan warna tertentu masih diburu oleh calon pembeli. Tjatursas Karnadjaja, PIC JG Motor  Cikarang yang ditemui Cikarang Pos menyampaikan bahwa  kawasan industri  Cikarang merupakan pasar yang strategis karena industri baru  terus tumbuh dimana  akan diikuti juga oleh kebutuhan masyarakat terutama kebutuhan alat transpotasi. Adanya tingkat kemacetan yang terjadi, kenyamanan kendaraan umum yang belum maksimal dan peningkatan pendapatan akan mendorong sepeda motor menjadi alat transportasi yang efektif.
 “Dalam melengkapi permintaan pasar tersebut selain meningkatkan pelayanan, Yamaha memasuki 2012 akan meluncurkan tipe – tipe baru yang ramah lingkungan dengan konsumsi bahan bakar yang lebih hemat. Sementara kecenderungan pasar memilih warna yang  beda (revolusioner) akan terus dipertahankan. Rata-rata untuk tipe sport seperti New Vixion dan Byson memiliki peminat yang cukup tinggi,  untuk indent dipastikan tidak terlalu lama,” demikian tutur Tjatursas. (kr/yd)

0 komentar:

Posting Komentar