Minggu, 01 Januari 2012

SUNARTI Hijaukan Bumi Cikarang

Program penghijauan atau biasa yang disebut Go green bukan saja bisa dilakukan oleh pemerintah atau perusahaan-perusahaan besar saja. Penghijauan bisa dilakukan setiap orang asalkan kita punya keinginan untuk menghijaukan bumi ini. 
Terinspirasi oleh mimpi ingin memiliki rumah yang di sekelilingnya ditanami oleh pohon-pohon yang rindang dan tanaman  hijau, Sunarti bersikeras untuk mewujudkan mimpi itu.  Sekitar tahun 2002 ibu yang memiliki 11 cucu ini membeli sebidang tanah di daerah Hegar Mukti Cikarang Pusat dengan luas  2200 meter persegi. Namun baru sekitar tahun 2011 tanah itu ditata dan ditanami pohon.
Dari sebagian tanah itu sekarang sudah terlihat area penghijaun yang asri. Sunarti menanam ratusan jenis pohon berbuah, tanaman hias dan tanaman obat. “Beragam jenis tanaman ada di sini, saya agak bingung menghitungnya karena banyak jenis tanaman. Dari  pohon mangga saja di area ini ada sekitar sembilan jenis mangga. Belum lagi tanaman seperti Srikaya, Belimbing, Jeruk nipis, Jambu dan Nangka,” ujar Sunarti.
Sunarti menambahkan, saya juga menanam jenis tanaman hias dari berbagai jenis seperti Gelombang Cinta, Kamboja Jepang dan Adenium. Sementara untuk tanaman air ada pohon Lotus, Melati air dan Bambu Jepang. Tidak lengkap kiranya di area ini jika tidak ada pohon rempah dapur dan tanaman obat-obatan. Makanya, ibu yang hobi membaca buku tanaman ini melengkapinya dengan tanaman Temu Kuning, Temu Putih, Giring, Daun Sendok, Bangle, Benahong, Kecipir dan Sambung Nyawa.
Tanaman yang ada di halamannya ini tidak semuanya didapat dari membeli, terkadang Sunarti  jika pulang kampung ada saja jenis tanaman yang dibawanya untuk ditanam. “Ada beberapa jenis pohon yang saya ambil dari kampung halaman karena jenis pohon ini sulit ditemukan di Cikarang, makanya saya ambil dan saya tanam di sini,” kata Sunarti.
Untuk me-melihara dan memperbanyak tanamannya ini Sunarti dibantu oleh karyawannya. Setiap pagi dan sore tanamannya di kontrol.  Dari beberapa jenis tanaman pohon ini yang memiliki nilai ekonomis sebagian dijual oleh Sunarti. Terkadang ada juga para pedagang tanaman menyambanginya untuk membeli tanama.
Tidak puas hanya di situ, Sunarti memiliki mimpi kedepan untuk menjadikan halaman rumahnya ini seperti di Bali. Dimana Landscape halaman dan tanamannya seperti di Bali. “Semua orang bisa melakukan apa yang saya lakukan sekarang ini. Tidak harus memiliki area yang luas untuk menciptakan halaman yang asri yang terpenting adalah keinginan kita untuk menjadikan bumi ini hijau,”  pungkasnya. (im)

0 komentar:

Posting Komentar