Kamis, 01 Desember 2011

The 3rd, JABABEKA INTERNATIONAL CULTURAL FESTIVAL

The 3rd, JABABEKA INTERNATIONAL CULTURAL FESTIVAL
Pengembangan industri kreatif dan membangun masyarakat berbudaya di Cikarang tidak hanya sebuah wacana, langkah ini sudah dimulai oleh Jababeka lima tahun terakhir ini melalui Jababeka Multi Cultural Center dilanjutkan dengan pembangunan gedung Indonesia Movieland. Bahkan warga Kota Jababeka dari kalangan media, seniman, akademisi dan pengusaha memprakarsasi terbentuknya Komunitas Anak Kreatif & Inovatif (KAKI).
Tidak hanya dalam bentuk fisik, pengembangan seni budaya khususnya di Kota Jababeka diwujudkan dengan menggelar berbagai event baik tingkat lokal maupun internasional. Untuk ketiga kalinya Jababeka International Cultural Festival digelar, dan event kali ini terbesar dari sebelumnya, jika dilihat dari waktu pelaksanaan selama tiga hari dari tanggal 18 – 20 November 2011, dan besarnya jumlah peserta serta beragamnya kegiatan yang diselenggarakan. Event yang digelar dihari pertama adalah international performance dan tradisional performance. Hari kedua mempersembahkan, festival band etnik, rampag bedug & tanjidor, festival food & culinary, festival dodol, wonder child fest, community performance, lomba photography, games & creativity performances dan street performances. Sedangkan dihari ketiga ada fun bike & fun walk, serta international school performance dan community performance.
Dalam event pembukaan yang dihadiri oleh Dede Yusuf  Wakil Gubernur Jawa Barat, Sultan Banten, Sultan Tapanuli Utara, Kesultanan Brunei Darussalam dan para duta besar negara sahabat, mewakili Direksi Jababeka Hyanto Wihadhi, mengatakan, Indonesia Movieland sejak 4 tahun yang lalu telah memproduksi film kurang lebih 200, untuk kedepannya Indonesia Movieland akan menyediakan pendukung untuk industri kreatif. Sebagai wujud kontribusi Jababeka di bidang budaya, secara rutin Jababeka menggelar Jababeka International Cultural Festival setiap tahunnya. Kegiatan ini bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bekasi. Jababeka sebagai pengembang kota yang ramah lingkungan dan terpercaya tidak hanya mengembangkan kawasan industri, namun juga dapat menghadirkan lingkungan ramah dan masyarakat berbudaya. (kr)

0 komentar:

Posting Komentar