Kamis, 01 Desember 2011

IDI Lakukan Pemeriksaan Balon Bupati Bekasi

IDI  Lakukan Pemeriksaan Balon Bupati Bekasi
Perhelatan Akbar Pemilihan Umum Kepala Daerah Bekasi (Pemilukada) berlangsung pada tanggal 11 Maret 2012. Segala persiapan telah dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bekasi, diantaranya  adalah tes Kesehatan bagi Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati. Tes kesehatan ini merupakan persyaratan yang harus ditempuh oleh para calon kandidat pemimpin daerah di Kabupaten Bekasi.
Ikatan Dokter Indonesia (IDI)  Cabang Kabupaten Bekasi memfasilitasi melakukan pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bekasi yang berlangsung 25 November lalu. Hal itu diungkapkan Ketua IDI Cabang Kab. Bekasi Noor Arida Sofiana, bahwa pemeriksaan kesehatan  pasangan calon  dilakukan oleh tim dokter dari RSPAD Gatot Subroto dengan beberapa rangkaian pemeriksaan seperti pengecekan penyakit dalam, syaraf, mata, telinga hidung tenggorokan (THT), kardiologi dan kejiwaan. Mereka juga diambil urine untuk mengetahui apakah yang bersangkutan terlibat penggunaan narkoba atau tidak, serta pengecekan terhadap HIV/Aids.
Puasa serta pelarangan berhubungan intim bagi wanita sehari sebelum pelaksanaan pemeriksaan harus dilakukan, dikarenakan pada tahapan tes kesehatan banyak jenis pemeriksaan yang memerlukan kondisi yang prima. Sedangkan pelarangan berhubungan intim bagi wanita, karena pada tes pemeriksaan juga akan dilakukan tes pap smear.
“Laki-laki atau perempuan untuk pasangan calon bupati dan wakil bupati yang akan menjalani pemeriksaan kesehatan tidak dibeda-bedakan standar tes kesehatannya. Termasuk dari faktor usia juga tidak dibeda-bedakan. Cuma kalau untuk perempuan ada tambahan tes pemeriksaan seperti pap smear. Sedangkan untuk laki-laki tambahannya USG prostat,” kata Arida.
Menurut Arida, IDI akan memberikan hasil kesimpulan pemeriksaan kesehatan bakal calon pasangan kepala daerah ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hasil tes kesehatan yang diterima KPU akan diplenokan untuk menentukan siapa bakal calon pasangan yang memenuhi syarat dan lolos syarat pencalonan.(im)

0 komentar:

Posting Komentar