Kamis, 01 Desember 2011

Meningkatkan Pendidikan Karakter Bangsa

Meningkatkan Pendidikan Karakter Bangsa
Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda,  Hari Pahlawan, Hari PGRI dan Korpri, Lembaga Penelitian dan Pengembangan Pemerintahan Daerah (LP3D) Cabang Bekasi mengadakan seminar kebangsaan dengan tema meningkatkan pendidikan karakter bangsa untuk masyarakat di Aula Gedung KH Noer Ali Komplek Pemda Kabupaten Bekasi pada akhir bulan Nopember lalu .
Menurut Ketua LP3D Jonly Nahampun, kegiatan tersebut diadakan mengingat nilai-nilai nasionalisme kebangsaan masyarkat sudah mulai luntur. Ini bisa terlihat dari makin maraknya tawuran-tawuran misalnya tawuran warga, antar mahasiswa, antar kampung dan antar pelajar yang makin marak.
“Saat ini warga gampang terprovokasi oleh hal-hal kecil hingga mengakibatkan tawuran massal bahkan tak kurang dari mereka itu ada yang meninggal sia-sia lantaran masalah sepele, ini yang mau kita sampaikan dan kita tanamkan terutama kepada pelajar,” ujarnya kepada sejumlah media.
Ia menyampaikan nilai kebhinekaan yang mulai luntur, serta kencangnya arus budaya luar yang tidak tersaring dengan baik bisa mengakibatkan hilangnya karakter Bangsa Indonesia yang sesungguhnya. Begitu pula klaim atas seni dan budaya oleh bangsa luar menandakan lemahnya karakter bangsa ini. 
“Secara akademik, pendidikan karakter dimaknai sebagai pendidikan nilai, pendidikan budi pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak, yang tujuanya mengembankan kemampuan peserta didik disekolah agar mampu mengimplementasikan dalam proses pembelajaran baik di sekolah maupun di rumah,” ujar pria yang sering memimpin unjuk rasa ini.
Ia juga mengajak kepada masyarakat agar tetap memegang teguh kerangka tiga pilar negara antara lain UUD 1945, Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika. Bila hal tersebut dipegang teguh adalah sebagai wujud bela negara. “Kami berharap dalam pembinaan generasi muda di sekolah tetap diadakan pembinaan karakter bangsa agar identitas bangsa ini tetap terjaga dengan baik,” imbuhnya.
Seminar yang dikuti pemuda, pelajar, mahasiswa dan pendidik  tersebut menghadirkan nara sumber antara lain Kepala Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga Efendi, Kajari Cikarang Hermanto dan Komandan Kodim 05/07 Letkol Arm Dedi Nurhadiman. (im)

0 komentar:

Poskan Komentar