Kamis, 01 Desember 2011

Lokasi Syuting Kota Jababeka

Lokasi Syuting Kota Jababeka
Sejak diluncurkannya Indonesia Movieland 4 tahun yang lalu, Kota Jababeka menjadi tempat favorit untuk syuting sinetron, FTV, film layar lebar, video klip, acara TV, hingga syuting iklan. Sudah banyak Production House sebut saja Hidra Film, Genta Buana Production, In House Film menggunakan beberapa lokasi di Kota Jababeka sebagai tempat pengambilan gambar, seperti di Hollywood Plaza, Veranda Town House, Resto Plaza, President University, President Executive Club, dan beberapa lokasi outdoor seperti di Taman Golf Barat, Education Park, Pecenongan Square dan lain sebagainya.
Menurut Andi, tim survey lokasi berbagai PH,  dalam penggarapan sebuah film layar lebar, lokasi syuting memegang peranan yang sangat penting. Jika di out door misalnya sebuah perkampungan paling tidak seluas radius 3 km agar landscape-nya tidak putus, suasananya juga harus menunjang. Untuk video klip, luas lokasi tidak mutlak tetapi dibutuhkan tempat banyak spot (titik) agar tidak monoton, dan di Kota Jababeka banyak spot-nya, sehingga syuting video klip satu hari bisa selesai. Selain lokasinya banyak yang menarik, alasan syuting di Kota Jababeka adalah dapat menekan biaya sehingga banyak PH yang merasa terbantukan. 
Setiap PH selalu memiliki bank lokasi/data base yang selalu di-update. Lokasi syuting yang selalu memegang peran penting adalah rumah. Kriteria rumah yang memenuhi syarat, antara lain bentuknya minimalis, dapur lose ke ruang tengah, color dominan putih. Sebagai contoh di Veranda yang berbentuk minimalis dengan dukungan furnish. Sementara untuk lokasi outdoor yang menjadi daya tarik adalah sisi alami seperti di Taman Golf Barat dengan ilalang dan pohon besar. Untuk lokasi di Resto Plaza banyak yang beranggapan seperti suasana di luar negeri. Kalau jalanannya juga sering dimanfaatkan karena trek-nya bagus.
Kedepannya seiring dengan berkembangnya Indonesia Movieland, tentunya akan semakin banyak film atau sinetron yang akan dibuat di sini. Ini kesempatan bagi warga Cikarang untuk dapat menunjukkan kemampuannya dalam berakting atau bahkan menjadi sutradara. (kr)

0 komentar:

Posting Komentar